Melahirkan Dengan Bahagia

Melahirkan Dengan Bahagia


Sepanjang hidup, saya sudah pernah
dua kali melahirkan. Tahun 2009 dan
tahun 2011. Pada melahirkan
pertama kali, putra saya meninggal
kurang lebih satu jam setelah
dilahirkan. Tentang penyebab
kematiannya, saya sepakat dengan
seorang dokter kandungan bahwa
seharusnya waktu itu langsung
diadakan observasi tentang penyebab
bayi tersebut meninggal. Sebab jika
tidak langsung diobservasi jadinya
hanya dugaan-dugaan saja.
Maka baiklah, saya pun memilih tidak
larut dalam masa lalu. Nah proses
kelahiran Farisya, saya kira jauh lebih
baik. Saya belajar banyak dari
persalinan pertama, maka pada
persalinan kedua ini ada banyak
perbaikan dilakukan.
Ini beberapa hal yang saya lakukan
menjelang kelahiran Farisya

1. Rajin jalan kaki setelah kehamilan
menginjak usia 7 bulan.
Tapi rupanya masih kurang rutin
jalan kakinya. Harusnya setiap hari,
selama 10 menit(eh atau 30 menit
ya? He he he, kayaknya 30 menit
deh). Mungkin kadang saya malas
juga. Akibatnya pas persalinan, jarak
bayi masih agak jauh dari lubang
lahir.

2. Makan ice cream, coklat gelap,
buah-buahan dan kurma nyaris tiap
hari setelah kehamilan berusia 8
bulan
Ini saya lakukan biar bayinya sehat
dan saya punya energi cukup pas
melahirkan. Kebayang gak kalau pas
mau melahirkan kitanya malah
lemas? Hadeuh, tragedi banget!

3. Menabung energi
Kondisi ibu hamil itu beda-beda. Ada
yang strong ada juga yang letoy. Hi
hi hi. Saya termasuk kategori kedua.
Maka saya belajar dari seorang
kerabat yang merupakan ahli
memasak untuk hajatan. Jadi
menjelang menyiapkan hidangan
untuk suatu hajatan, beliau
menabung energinya. Maka beberapa
hari sebelum melahirkan, saya pun
tak cuci piring dan tak cuci baju. But,
jika Anda kuat, nguras bak juga gak
apa-apalah.

4. Siapkan uang untuk biaya
persalinan.
Pilih kamar yang sesuai dengan
kondisi ekonomi. Saya waktu ditawari
asisten bidan utama mau menempati
kamar tipe mana, langsung pilih
kamar nomor tiga. Yang paling
murah. He he he. Toh kita di sana
juga kemungkinan gak akan lama
(kecuali kalau Anda mau meneruskan
kost di sana). Maka sangat penting
menabung buat menyiapkan biaya
persalinan, jangan lupa hubungi
orang-orang terdekat untuk
mengantisipasi hal tak terduga. Saya
alhamdulillah tak lama sebelum
melahirkan Mama menang arisan,
jadi bisalah dipinjam dulu. Ahaha.

5. Pilih baju yang nyaman
Gak disarankan banget pas mau
melahirkan pakai celana jeans

6, Makan yang cukup sebelum
melahirkan.
Diantara perbekalan yang saya bawa
saat akan melahirkan yaitu roti tawar,
coklat, kurma dan kalau tak salah
madu asli juga bawa. Jangan sampai
Anda melahirkan dalam kondisi
kelaparan. Kayaknya gak indah
banget!

Dian Meliana





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top